Kamis, 22 November 2018

Bahan ajar IPS Mengenal Lingkungan


BAHAN AJAR SD/MI
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Lingkungan di Sekitar Rumah dan Sekolah
A.    Mengenal Lingkungan Alam dan Buatan
Lingkungan dapat diartikan sebagai suatu daerah atau kawasan yang termasuk di dalamnya. Kita hidup di lingkungan yang berbeda-beda, ada yang tinggal di kota dan ada pula yang tinggal di desa. Sesuai dengan asalnya, lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alam adalah lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan, atau lingkungan yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia. Iingkungan alam misalnya gunung, sungai, pantai, hutan dan laut. Lingkungan buatan adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lingkungan buatan misalnya sawah, pasar, jembatan, waduk, dan sebagaianya.
B.     Manfaat Lingkungan di Sekitar Rumah dan Sekolah
Lingkungan memberikan banyak mmanfaat bagi manusia. Baik itu lingkungan alami maupun lingkungan buatan semuanya memiliki banyak manfaat bagi kita. Keduanya dapat mendukung keberlangsungan hidup manusia.
1.      Pegunungan
Banyak sekali manfaat gunung bagi kehidupan mannusia. Salah satu manfaat gunung adalah sebagai tempat rekreasi. Manfaat gunung yang lain adalah sebagai taman nasional. Banyak hewan dan tumbuhan langkayang di lindungi di taman nasional.
2.      Sungai
Pemanfaatan sungai bagi kehidupan manusia diantaranya sebagai sarana transportasi, irigasi, sarana olahraga, dan objek wisata.
3.      Hutan
Hutan memberikan banyak manfaat bagi manusia. Manfaat hutan, antara lain dapat menguragi polusi udara, menghasilkan kayu, serta mencegah banjir dantanah longsor.
4.      Lahan pertanian
Lahan pertanian termasuk lingkungan buatan. Lahan pertanian sengaja dibuat manusia untuk bercocok tanam. Lahan pertanian dapat berupa sawah, ladang, dan kebun.
5.      Waduk
Waduk sengaja dibuat oleh manusia untuk berbagai keperluan. Manfaat waduk, antara lain untuk pembangkit listrik tenaga air, irigasi, usaha perikanan, tempat rekreasi, dan sarana olahraga.
6.      Permukiman
Permukiman adalah daerah tempat tinggal penduduk. Manusia sengaja membuat permukiman untuk kepeluan tempat tinggal. Manusia menata pemukiman agar nyaman, rapi dan teratur. Daerah pemukiman dapat terletak di desa ataupun di kota.
7.      Pasar
Pasar dibuat manusia untuk memudahkan kegiatan jual beli. Di tempat tersebut tersedia berbagai macam barang kebutuhan. Kita dapat membeli beras, sabun, sayuran, sepatu, pakaian, dan sebagainya di pasar. Pasar berdasarkan perkembangannya dikelompokkan menjadi dua, yaitu pasar tradisional dan pasar modern.
8.      Pelabuhan,Terminal, Stasiun, dan Bandara Udara
Pelabuhan, terminal, stasiun, dan bandar udara merupakan sarana penunjang transportasi. Keempat tempat tersebut menjadi tempat mengangkut dan menurunkan penumpang serta tempat bongkar muat barang.
a.       Pelabuhan adalah tempat pemberhentian kapal
b.      Terminal adalah tempat pemberhentian terakhir bus
c.       Stasiun adalah tempat pemberhentian kereta api
d.      Bandar udara adalah tempat pemberhentian pesawat terbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar MTK Bilangan Cacah

Bab 1 Bilangan Cacah Dan La... by on Scribd