Kamis, 22 November 2018

Bahan Ajar IPA Makhluk Hidup

BAHAN AJAR SD/MI
ILMU PENGETAHUAN ALAM

MAKHLUK HIDUP
A.    Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Selain bergerak, makhluk hidup juga memerlukan makanan, tumbuh, bernapas, berkembang biak dan menanggapi rangsang.
1.      Memerlukan makanan
Semua makhluk hidup akan mati apabila tidak makan. Makanan digunakan makhluk hidup sebagai sumber energi untuk beraktivitas.
2.      Bergerak
Manusia bergerak dengan mengggunakan kaki. Hewan bergerak dengan berpindah tempat, ada yang dengan menggunakan kaki seperti kambing, ada yang terbang menggunakan sayap seperti burung, ada yang berenang dengan menggunakan sirip seperti ikan dan ada pula yang menggunakan perut seperti ular.
3.      Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Pertumbuhan makhluk hidup, yaitu bertambah tinggi dan besar.
4.      Bernapas
Manusia dan hewan menghirup udara yang mengandung oksigen, kemudian mengeluarkan udara kotor berupa karbondioksida. Makhluk hidup menggunakan alat pernapasan untuk bernapas, contohnya manusia bernapas dengan paru-paru, ikan bernapas dengan insang, dan tumbuhan bernapas dengan stomata.
5.      Berkembang biak
Makhluk hidup berkembang biak dengan cara bermacam-macam. Manusia, kucing berkembang biak dengan cara melahirkan atau disebut vivipar, ayam berkembang biak dengan bertelur atau disebut juga ovipar dan ular berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan atau disebut juga ovovivipar.
6.      Menanggapi Rangsangan
Makhluk hidup mempunyai kepekaan terhadap rangsang. Contohnya, daun putri malu menutup saat disentuh.
B.   Kebutuhan Makhluk Hidup
Manusia dan hewan memerlukan makanan, udara, air, sinar matahari, dan tempat tinggal untuk dapat bertahan hidup. Tumbuhan memerlukan air, udara, zat hara (mineral), tanah, dan sinar matahari untuk melangsungkan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar MTK Bilangan Cacah

Bab 1 Bilangan Cacah Dan La... by on Scribd