Minggu, 02 Desember 2018

Bahan ajar Aqidah Akhlaq Kalimat Tayyibah

Kalimat Tayyibah Ta’awudz
  
A. Kalimat Ta’awudz
Kalimat Tayyibah Ta’awudz bermakna bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah SWT. Selain itu kalimat Ta’awudz juga bermakna pengakuan atas kekuasaan Allah SWT. Semua orang pasti tidak ingin tergoda oleh setan yang terkutuk. Setan merupakan makhluk gaib yang jahat dan menjadi musuh manusia. Setan tidak senang jika manusia melakukan kebaikan. Dengan kesombongannya setan merasa lebih mulia dari manusia karena diciptakan dari api, sedangkan manusia diciptakan dari tanah.
Setan berjanji akan menggoda manusia sejak zaman Nabi Adam As hingga harikiamat nanti. Pernahkah kalian mendengar kisah Nabi Adam As? Nabi Adam As dan Ibu Hawa dikeluarkan dari surga juga karena bujuk rayu setan. Setan tidak akan mati sampai datangnya hari kiamat, sehingga jumlah setan lebih banyak dari jumlah manusia dan akan terus bertambah banyak. Mereka sangat licik untuk memperdaya manusia. Tak henti-hentinya mereka menggoda manusia siapapun dia, bodoh atau pintar, tua ataupun muda, kapan dan di mana saja.


B.  Waktu Mengucap Kalimat Ta’awudz
Al-Qur’an mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berlindung dari godaan setan dengan membaca Ta’awudz meminta pertolongan kepada Allah SWT. Kita dianjurkan mengucapkan ta’awudz pada saat:
1.     Ketika akan memulai membaca Al-Qur’an.
2.     Ketika akan melaksanakan shalat.
3.     Ketika hati kita merasa tidak tenang dan takut pada tempat-tempat tertentu.
4.     Sebelum kita melakukan kebaikan seperti ketika akan berwudlu dan tidur agar terhindar dari godaan setan.
Adapun manfaat mengucapkan kalimat Ta’awudz yaitu:
1.     Melindungi diri dari segala kejahatan.
2.     Menghilangkan nafsu amarah.

3.     Menimbulkan ketenangan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar MTK Bilangan Cacah

Bab 1 Bilangan Cacah Dan La... by on Scribd