Kamis, 22 November 2018

Bahan Ajar PKn Sumpah Pemuda

BAHAN AJAR SD/MI
Pendidikan Kewarganegaraan
A.    Makna Sumpah Pemuda
Kongres Pemuda II berhasil merumuskan suatu ikrar. Ikrar tersebut dikenal dengan sebutan sumpah pemuda. Isi sumpah pemuda adalah sebagai berikut:
Text Box: Sumpah Pemuda
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
 
















Ikrar sumpah pemuda dilaksanakan oleh semua rakyat. Sumpah pemuda menjadi peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Sumpah pemuda membangkitkan kesadaran seluruh rakyat sebagai bangsa yang satu. Oleh sebab itu, pelajar dan generasi penerus bangsa harus selalu menjunjung tinggi persatuan bangsa Indonesia berdasarkan prinsip Bhineka Tunggal Ika.
1.      Makna Satu Nusa
Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara. Nusantara berasal dari kata “Nusa” dan “Antara” yang dapat diartikan sebagai Kesatuan wilayah kepulauan diantara pulau-pulau.
Negara indonesia terkenal dengan keragamannya, yaitu suku bangsa, budaya, agama, bahasa daerah, dan adat istiadat. Sebagian besar pulau di Indonesia ditempati oleh masyarakat asli daerah tersebut, tetapi ada juga warga pendatang dengan berbagai macam budayanya. Meskipun terkenal keragamannya, tetapi kita tetap satu tanah air, yaitu Indonesia.
2.      Makna Satu Bangsa
Bangsa Indonesia adalah sekelompok manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan sebagai satu bangsa dalam wilayah Indonesia. Setiap daerah mempunyai suku bangsa yang berbeda. Hal tersebut seperti yang terkandung dalam semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
3.      Makna Satu Bangsa
                  Bahasa Indonesia telah disepakati sebagai bahasa persatuan dalam pergaulan antar suku bangsa. Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa pengantar di lembaga Pendidikan, seperti sekolah dasar dan juga kantor pemerintahan. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia dan milik semua orang atau warga negara Indonesia. Oleh karena itu sebagai bahasa persatuan, bahasa Indonesia wajib dijunjung tinggi oleh semua suku bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar MTK Bilangan Cacah

Bab 1 Bilangan Cacah Dan La... by on Scribd